JANGAN TAKUT UNTUK MENGAMBIL SATU LANGKAH BESAR BILA MEMANG ITU DIPERLUKAN. ANDA TAK AKAN BISA MELOMPATI JURANG DENGAN DUA LOMPATAN KECIL

Minggu, 16 November 2014

TINGKATKAN SDM GURU MELALUI SEMINAR BAHASA


Muara Enim, Inmas
Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan SMA Bukit Asam melaksanakan Seminar Nasional Bahasa dan Kurikulum 2013 dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra 2014, Jum’at (24/10).
Kegiatan ini dilaksanakan dari pukul 08.00 s.d.16.00 WIB bertempat di Gedung Serba Guna Lantai 4 PT Bukit Asam tbk, Tanjung Enim Kab. Muara Enim. Diikuti oleh 500 peserta perwakilan guru-guru dan kepala sekolah Negeri maupun swasta baik dari Tingkat SD/MI, SMP/MTs N maupun tingkat SMA/MAN sederajat.
Madrasah Tsanawiyah Negeri Muara Enim mengirim 2 orang peserta sebagai utusan yakni Kepala MTs Negeri Muara Enim Ahmad, S.Pd,M.M dan Novi Fitriyanti, S.Pd guru bidang studi Bahasa Indonesia.
Materi Seminar  mengambil tema tentang Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia yang disampaikan oleh Prof. Dr. Mulyadi Eko Purnomo,M.Pd. Didampingi oleh moderator Ery Agus Kurnianto, M.Pd dan Notulen dari perwakilan guru SMA Bukit Asam.
Dalam paparannya Mulyadi menyampaikan Strategi dan Implementasi pembelajaran berbasis teks dengan pendekatan saintifik.
“Tujuannya untuk mengetahui strategi dan Implementasi pembelajaran berbasis teks dengan pendekatan saintifik pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII,“jelasnya
Ditambahkannya bahwa proses pembelajaran berbasis teks melalui pendekatan saintifik merupakan pembelajaran yang mendorong siswa lebih mampu dalam mengamati, menanya, mencoba dan mengumpulkan data, mengasosiasi/menalar dan berkomunikasi melalui teks.
Saat ditemui Ahmad, S.Pd.M.M mengatakan kegiatan ini memberikan nilai yang sangat positif guna menambah wawasan pengetahuan khususnya bagi guru bahasa Indonesia dan yang hadir mengikuti kegiatan ini.
Acara semakin seru dan komunikatif saat dibuka ruang tanya jawab, dan bagi yang aktif bertanya diberi hadiah berupa hadiah buku bacaan dan bingkisan-bingkisan menarik lainnya.
Kemudian acara ditutup dengan pemberian cindera mata dari panitia Balai Bahasa diberikan kepada pemateri tunggal Prof.Dr. Mulyadi Eko Purnomo, M.Pd. Sedangkan peserta Seminar diberikan piagam. (Misly)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar