JANGAN TAKUT UNTUK MENGAMBIL SATU LANGKAH BESAR BILA MEMANG ITU DIPERLUKAN. ANDA TAK AKAN BISA MELOMPATI JURANG DENGAN DUA LOMPATAN KECIL

Rabu, 11 Februari 2015




GURU MTSN MUARA ENIM KONSENTRASI BUAT SOAL US










Muara Enim, Inmas.
Guru-guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Muara Enim konsentrasi membuat soal Ujian Sekolah (US) Tahun Pelajaran 2014-2015 yang akan dilaksanakan hari Senin (16/03) mendatang, bertempat di ruang guru MTs Negeri Muara Enim, Selasa (10/02).
Guru-guru MTs Negeri Muara Enim sengaja memanfaatkan waktu luang mereka usai jadwal mengajar di kelas untuk membuat soal – soal sesuai dengan kompetensi dan indikator pelajaran bidang study masing-masing yang sudah dibagikan oleh waka kurikulum beberapa hari yang lalu.
Jadwal Pembuatan soal dimulai (9 s.d. 14/02), Pengetikan soal (16 s.d.18/02) dan pencetakan soal (23 s.d. 28/02). Materi Ujian Sekolah (US) untuk pelajaran dibagi menjadi 2 katagori yaitu pelajaran Eksak (IPA dan Matematika) wajib membuat soal sebanyak 40, sedangkan pelajaran agama membuat soal sebanyak 50 soal.
Rincian materi terdiri dari kelas VII; 20 %, kelas VIII; 30 % dan kelas IX; 50%. Adapun tingkat kesukaran soal terdiri dari; Mudah; 10, sedang 70 %, sukar; 20 %. Disamping Ujian tertulis ada beberapa mata pelajaran yang diujikan secara praktek; Aqidah Akhlak, Al-Qur’an Hadist, IPA, Seni Budaya, Penjas, TIK/Ketrampilan, Mulok dan 15 pelajaran baik umum maupun agama yang diujikan secara tertulis.
Dalam membuat soal Guru-guru diharuskan berpedoman dalam membuat instrumen soal-soal, dilanjutkan dengan penyebaran butir soal, membuat kisi-kisi soal dan dilanjutkan dengan pembuatan kartu soal baru kemudian master soal. Pembuatan soal ini dikumpul ke waka kurikulum paling lambat hari Jum’at (20/02) mendatang.
Saat ditemui Waka Kurikulum Emawardi, S.Pd menjelaskan bahwa tujuan diadakan pembuatan soal Ujian Sekolah (US) sebagai alat evaluasi untuk mengukur kemampuan siswa dalam menyerap pelajaran yang sudah diberikan selama in.
“Guru-guru diminta agar dalam pembuatan soal wajib berpedoman Pada kurikulum (KTSP) Tahun 2006 dan materi yang relevan sesuai dengan materi yang diajarkan kepada siswa”, Tegas Emawardi. (Misly)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar