JANGAN TAKUT UNTUK MENGAMBIL SATU LANGKAH BESAR BILA MEMANG ITU DIPERLUKAN. ANDA TAK AKAN BISA MELOMPATI JURANG DENGAN DUA LOMPATAN KECIL

Jumat, 27 Februari 2015

CIPTAKAN QORI'DAN QORI'AH DENGAN PEMBINAAN NGAJI TILAWAH

Muara Enim – Enim Express

Madrasahh Tsanawiyah Negeri Muara Enim memberikan respon yang sangat positif dengan siswa yang memiliki kemapuan untuk ngaji irama/tilawah. melalui ekstra Kurikuler ngaji irama. Sebanyak 35 orang siswa kelas VII,VIII dan kelas IX yang mengikuti pembinaan   ini. Jum’at (27/02).
Pembinaan ngaji irama ini dilaksanakan seminggu 2 kali hari Rabu dan Jum’at bertempat di ruang kela VII.A. Dari pukul 13.00 s.d. 15.00 WIB. Dilatih oleh Ustazd Hartawan, S.Pd.I  dan Umi Misliyani, S.Ag.,M.Pd.I  yang pernah beberapa kali meraih juara lomba tilawah putra maupun putri di tingkat Kabupaten Muara Enim.
Saat ditemui Misliyani S.Ag.,M.Pd.I  mengatakan bahwa syarat untuk mengikuti ngaji irama sangatlah mudah yang penting sudah lancar mengaji Al-Qur’an dan menguasai tajwid, makharijul huruf (cara keluar huruf secara benar) serta tidak malu-malu dalam mengeluarkan suara.
Rumus lagu yang diajarkan dari mulai lagu Bayati, shoba, hijaz, nahawan, Sika, jiharkah. Adapun ayat-ayat yang diajarkan kepada siswa adalah ayat-ayat pilihan dalam  Al-Qur’‘an yang berhubungan dengan PHBI, Maulid, Muharram, Isra mikraj Isra’, puasa, perkawinan, syukuran dll misalnya: QS.Al-Isro, ayat I dan dilanjutkan  dengan An-Najm ayat 1 s.d. 15. Maulid Al-Ahzab ayat 40.
pertemuan-pertemuan upacara  rutin setiap hari  senin  Ayat  diajarkan pada siswa QS. Al- Imron 102 s.d. 105 atau Mujaddalah ayat 11 dan ayat-ayat Al-Qur’an lainnya yang relevan dengan kegiatan dan tema yang telah ditentukan siswa digilirkan dari kelas ke kelas bahkan ditunjuk tim ngaji irama untuk mengisi acara ngaji ini .
“Adapun metode ngaji irama/ lagu dengan methode klasikal kemudian kelompok dan individual. Ayat yang diajarkan memang dikondisikan adalah ayat-ayat yang disesuaikan dengan kebutuhan untuk tampil. Lama belajar untuk ngaji lagu lebih kurang 2 atau 3 bulan baru pindah ayat barikutnya. Jelas Misly
 Saya berharap dengan latihan ngaji irama/Tilawah yang rutin diikuti siswa MTs Negeri Muara Enim akan lahir qori’ dan qoriah MTs Negeri Muara Enim yang akan membawa nama harum MTs maupun Kabupaten Muara Enim ini kedepannya.

Seperti siswa kita bernama Aldi Setiawan 9.E yang pernah meraih juara II MTQ Tingkat Kabupaten dan Mulki Sulton kelas IX.D yang sudah hafal Al-Qur’an 5 juz ini prestasi yang sangat membanggakan ”, Tegasnya
Saat ditemui salah seorang siswa bernama Aldi Setiawan kelas IX.E ia mengatakan sangat senang mengikuti pembinaan ngaji irama ini meskipun saya sudah kelas IX tapi saya akan terus menyisihkan waktu untuk belajar.

Berkat bekal ngaji irama  ini  saya sering tampil  diajak  mengisi acara menggaji pada acara Hari-hari Besar Islam  (PHBI) maupun lomba-lomba keagamaan,” ungkap Aldi. (Misly)

1 komentar:

  1. Semoga ilmu yang diberikan mampu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, amiin

    BalasHapus