JANGAN TAKUT UNTUK MENGAMBIL SATU LANGKAH BESAR BILA MEMANG ITU DIPERLUKAN. ANDA TAK AKAN BISA MELOMPATI JURANG DENGAN DUA LOMPATAN KECIL

Rabu, 27 April 2016

Persiapan US Guru MTs N Menim Membuat Soal



Muara Enim – Humas.
Madrasah Tsanawiyah Negeri Muara Enim dalam rangka persiapan menghadapi Ujian Sekolah (US) Semester Genap Tahun Pelajaran 2015-2016 (25 s.d. 30/4) mendatang. Melaksanakan Pembuatan soal untuk mata pelajaran umum dan pelajaran agama di ruang guru MTs Negeri Muara Enim. Kamis (18/2).

Soal ini dibuat selain konsumen interent MTs Negeri  Muara Enim juga untuk KKM yang tergabung di MTs Negeri Muara Enim. Sebagai tindak lanjut kegiatan ini, maka waka kurikulum Emawardi, S.Pd membentuk Tim Pembuatan Soal. Mencakup penyebaran soal, kemudian pembuatan kisi-kisi soal dan dilanjutkan dengan penulisan soal dengan materi pembuatan soal mengacu pada Standar Kompetensi Kelulusan (SKL) dan kisi-kisi Ujian Nasional ((UN), Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN),  Kurikulum KTSP 2006.

Adapun Jumlah soal yang dibuat untuk guru eksak pelajaran (IPA, Matematika) berjumlah 40 soal pilihan ganda. ada 8 orang guru yang terlibat dalam pembuatan soal ini. Pelajaran Non Eksak (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPAPKN).

Sedangkan untuk pelajaran agama (Al-Qur’an Hadis, SKI, Fiqih, Aqidah Akhlak)  Jumlah soal yang dibuat  sebanyak  50 soal pilihan ganda. Guru yang membuat soal  adalah guru bidang study sebanyak 36 orang. Untuk masing-masing kelompok pembuat soal terdiri dari beberapa tim/kelompok sehingga jumlah keseluruan guru yang terlibat 30 orang guru umum dan 6 orang guru agama.

Guru-guru MTs Negeri Muara Enim dalam membuat soal terlihat sangat antusia. Mengingat batas pembuatan soal dimulai  (9 s.d.23/2) . Hal ini terlihat dari aktivitas yang dilakukan guru dengan dialok, diskusi, antar kelompok masing-masing sebelum dituangkan dalam bentuk tulisan kedalam bentuk butiran soal-soal.

Waka Kurikulum Emawardi, S.Pd menjelaskan bahwa “Tujuan pembuatan soal ini sebagai nilai ukur dan evaluasi bagi peserta didik dalam memahami pelajaran dan proses belajar mengajar yang sudah dilakukan oleh guru bidang study masing-masing. Pembuatan soal masih mempehatikan kreteria, standar isi , materi-materi yang esensial yang relevan dengan bahan yang telah diajarkan guru.Jelas Emawardi

Emawardi menambahkan “Bentuk soal untuk semua mata pelajaran adalah pilihan ganda dengan 4 option. Materi pelajaran meliputi materi kelas VII 10 %, kelas VIII 20 %, materi kelas IX 70 %. Memperhatikan tingkat kesulitann 20 % mudah, 30 % sukar dan 50 % sedangkan langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam pembuatan soal, membuat penyebaran butir soal, kisi-kisi soal , kartu soal, dan master soal, Tegas Emawardi.

Ditempat yang sama Kepala MTs Negeri Muara Enim Ahmad, S.Pd, MM menjelaskan pembuatan soal di Madrasah Tsanawiyah Negeri ini adalah hal yang rutin dan biasa dilakukan guru setiap tahunnya. Hal ini untuk mengukur kemampuan dan daya serap siswa selama Proses Belajar mengajar selama ini. Berpedoman pada aturan yang ada.
Penilaian ini Menjadi tolak ukur keberhasilan guru dalam mengajar peserta didiknya dari segi kemampuan pengetahuan kognitif, akademik meskipun penilaian akhirnya harus harus mencakup 3 aspek, Afektif, kognitif dan psikomotor”, ungkap Ahmad (Misly)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar