JANGAN TAKUT UNTUK MENGAMBIL SATU LANGKAH BESAR BILA MEMANG ITU DIPERLUKAN. ANDA TAK AKAN BISA MELOMPATI JURANG DENGAN DUA LOMPATAN KECIL

Rabu, 27 April 2016

Siswa dan Guru MTs N Menim Laksanakan Sholat Gerhana


Muara Enim. Inmas,
Siswa dan guru-guru MTs Negeri Muara Enim melaksanakan sholat sunat gerhana matahari secara berjamaah. Sholat dilaksanakan pukul 06.20  s.d. 07.00 WIB  yang dipimpin oleh Ustadz Endang Mukhtar di  Masjid  Muhajirin Jln Laskar A.Tohir, Rabu (9/3)
Kejadian gerhana matahari ini kehendak Allah dan merupakan  salah satu penomena alam yang jarang terjadi. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh siswa dan guru untuk melakukan   Sholat gerhana matahari ini.
Sholat yang dilaksanakan dua rekaat ini berbeda dengan sholat-sholat pada umumnya. Imam sholat Ustadz Endang menjelaskan kepada jamaah yang hadir agar tidak terjadi kesalahan. Sholat gerhana ini sesuai dengan tuntunan rasulullah. Apabila terjadi gerhana maka hendaklah kalian sholat.
Dijelaskan Tata Cara Sholat  gerhana dilakukan hanya 2 rekaat rekaat, Setelah niat melakukan sholat gerhana matahari, dilanjutkan takbir, membaca alfatehah, ayat-ayat, kemudian ruku, bersedekap kembali lalu membaca alpatehah, ayat-ayat, kemudian ruku, sujud seperti biasanya dan kemudian pada  rekaat kedua seperti yang dilakukan pada rekaat pertama’, ungkapnya
Usai sholat Ustadz Endang melanjutkan dengan khutbah gerhana Matahari. Dijelaskannya. Fenomena alam dengan terjadinya gerhana matahari merupakan sesuatu yang istimewa yang Allah berikan sebagai Ikhtibar (Pelakjaran dan nasehat yang baik) kepada manusia. Tidak ada yang tidak mungkin bila Allah menghendaki.
“Jadikan kejadian ini sebagai moment kita untuk intropeksi diri, lebih  bersyukur dan beribadah lebih baik lagi kepada Allah (Taqorrub Ilaullah). Ketika Allah gelapkan langit sebentar saja kita manusia tidak memiliki kekuatan apapun dan ada rasa khawatir dan takut bagaimana bila terjadi kiamat. Semoga kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi”, himbau Endang
Saat ditemui salah seorang siswa bernama Arini Alfa Hidayah. Dia mengatakan bahwa sholat gerhana matahari ini merupakan pengalaman pertama dalam hidup saya. Semoga dengan adanya gerhana matahari ini kita akan lebih mencintai Allah dan ajaran Rasul sesuai dengan Al—Qur’an dan Hadist”, ungkapnya. (Misly)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar