JANGAN TAKUT UNTUK MENGAMBIL SATU LANGKAH BESAR BILA MEMANG ITU DIPERLUKAN. ANDA TAK AKAN BISA MELOMPATI JURANG DENGAN DUA LOMPATAN KECIL

Rabu, 29 Maret 2017

Guru MTs Negeri Menim Membuat Soal US



Muara Enim. Inmas,
Guru MTs Negeri Muara Enim ditugaskan membuat soal mata pelajaran untuk persiapan Ujian Sekolah (US) kelas IX tahun Pelajaran 2016-2017. Kegiatan dilaksanakan diruang guru Madrasah dan ada sebagian juga guru-guru mengerjakan dirumah. Sabtu (4/3)
Dalam surat edaran dari pihak madrasah dijelaskan bahwa pedoman membuat soal. Bentuk soal terbagi menjadi dua macam; pilihan dan essay. Mata pelajaran Eksak (Matematika dan IPA) Jumlah soal 35 soal. Pilihan ganda 30 soal dan essay 5 soal. Sedangkan mata pelajaran Non Eksak pada pelajaran Agama, IPS Bahasa Indonesia,bahasa Inggis. Jumlah soal yang harus dibuat guru 45 soal dengan rincian Pilihan ganda 40 soal dan 5 soal essay.
Dalam pembuatan soal perlu memperhatikan pembagian soal. Untuk kelas VII 20 %, kelas VIII 30 % sedangkan kelas IX sebanyak 50%. Untuk tingkatkan soal. Untuk sulit jumlah soal 20 % mudah 10 % dan sulit 20 %.
Tehnis pembuatan soal memiliki tahapan; Guru wajib Membuat kisi-kisi soal. Kemudian Membuat master soal sekaligus kunci jawaban soal dan dilanjutkan dengan penggadaan soal. Batas waktu pembuatan soal selama satu minggu (1 s.d 6 Maret 2017)
Waka kurikulum Emawardi, S.Pd menjelaskan bahwa soal ujian (US) diserahkan kepada guru bidang study masing-masing mengingat guru lebih paham akan bahan ajar dan materi yang sudah diberikan kepada siswa dengan berpedoman kepada kurikulum KTSP 2006", jelasnya
Ditempat yang sama kepala MTs Negeri Muara Enim Siti Sumaiti, S.Pd.,M.Pd.I mengungkapkan bahwa " Soal yang sudah dibuat oleh guru bidang studi ini. Digunakan sendiri untuk US siswa MTs Negeri Muara Enim dan juga Kelompok Kerja Madrasah (KKM) sebanyak 21 madrasah swasta yang menginduk ke MTs Negeri Muara Enim", jelas Siti. (Misly)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar