JANGAN TAKUT UNTUK MENGAMBIL SATU LANGKAH BESAR BILA MEMANG ITU DIPERLUKAN. ANDA TAK AKAN BISA MELOMPATI JURANG DENGAN DUA LOMPATAN KECIL

Rabu, 04 Oktober 2017

CARA MEMBUAT BERITA BAGI TJR (TIM JURNALIS REMAJA) MTS N MENIM 
Oleh : Misliyani )

BERITA HARUS MEMILIKI UNSUR UNSUR 5W+1H.
Rumus menulis berita standar ini berdasarkan elemen atau unsur berita ( 5W+1H (Who, What, When, Where, Why, How) atau Siapa, Apa, Kapan, Di Mana, Kenapa, Bagaimana).
Berita adalah laporan peristiwa atau catatan tentang sebuah kejadian. Sebuah peristiwa dipastikan mengandung keenam unsur berita tersebut:
WHO -- SIAPA terlibat dalam peristiwa: pelaku, korban, pemeran utama, peran pengganti, figuran, orang, lembaga, organisasi, dsb.
WHAT -- APA yang terjadi, kejadian apa, peristiwa naon, acara apa?
WHEN --KAPAN kejadiannya, iraha kajadianana, unsur waktu. Biasa ditulis, misalnya, Senin (22/4).
WHERE -- DI MANA kejadiannya, tempat acaranya di mana, unsur tempat. Biasa ditulis, misalnya, "di Depan Gedung Sate Jln Diponegoro Bandung" atau "di Kampus UIN Bandung".
WHY -- KENAPA terjadi demikian, apa penyebabnya, apa latar belakangnya, apa tujuannya, mengapa itu dilakukan, dsb.
HOW -- BAGAIMANA proses kejadiannya, apa saja acaranya, siapa saja pembicaranya, ada. Berita minimal paling sedikit 3 atau 5 alinia, jelas, tegas dan sesuai dengan fakta dan aktual New.
Contohnya Cara membuat berita tentang kegiatan yang dilaksanakan hari ini.

TIM JURNALIS BELAJAR CARA MEMBUAT BERITA
Muara Enim, Inmas,
Siswa MTs Negeri Muara Enim yang tergabung dalam Tim jurnalis Remaja (TJR) belajar cara membuat berita yang dibimbing oleh Waka Humas sekaligus pembina jurnalis Misliyani, S.Ag.,M.Pd.I. Kegiatan dilaksanakan di ruang kelas VII.B diikuti 24 orang siswa, Sabtu, (5/8)

Pelatihan jurnalis pembuatan berita dan Fotografer yang dilaksanakan mendapat respon positif bagi siswa TJR. Misliyani menyampaikan materi tentang cara membuat berita yang benar dengan menggunakan rumus harus memiliki unsur 5 W (WHO, Siapa yang terlibat, WHAT Apa yang terjadi, WHEN Kapan kejadiannya, WERE dimana kejadiannya, WHY Kenapa kejadian itu terjadi sedangkan 1 H HOW Bagaimana proses kejadian tersebut .
Selanjutnya tim jurnalis mempraktekkan cara membuat berita. Masing-masing siswa membuat berita sesuai dengan petunjuk yang telah dijelaskan. Siswa langsung mempraktekkan rumus yang diajarkan.
Saat ditemui salah seorang siswa yang mengikuti pelatihan M Daffa Erisprriandy kelas IX.D dikatakannya " Pelatihan jurnalis ini memberikan pengetahuan yang sangat menarik tentang jurnalis dan cara membuat berita yang baik dan benar", jelasnya
Ditempat yang sama Kelpin Arif Perdana kelas VIII.D mengungkapakan bahwa merasa bangga bisa bergabung di tim TJR selain menambah wawasan pengetahuan juga menambah keakraban dengan siswa di kelas yang lain yang tergabung dalam TJR ini", jelas Kelpin panggilan akrab siswa yang ini.
Saat ditemui Pembina Junalis Misliyani menjelaskan bahwa "Alhamdulillah siswa bersemangat mengikuti pelatihan jurnalistik yang rutin diadakan setiap hari sabtu seusai pulang sekolah", jelasnya
Ditambahkannya tujuan kegiatan ini agar siswa dapat menulis dan memiliki kreatifitas dalam mengembangkan tulisannya baik melalui media baik sosial maupun media cetak dan elektronik sehingga akan lahir penulis-penulis yang profesional", jelasnya. (Misly)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar