JANGAN TAKUT UNTUK MENGAMBIL SATU LANGKAH BESAR BILA MEMANG ITU DIPERLUKAN. ANDA TAK AKAN BISA MELOMPATI JURANG DENGAN DUA LOMPATAN KECIL

Rabu, 17 Januari 2018

Pembina Jurnalistik Ajarkan Cara Membuat Berita

Muara Enim , Inmas.
Pembina Jurnalistik  Misliyani, S.Ag.,M.Pd.I menjarkan cara membuat berita kepada anggota TJR (Tim Jurnalistik Remaja) MTs Negeri Muara Enim.Diikuti sebanyak  20 orang siswa mengikuti kegiatan ini yang dilaksanakan di lokal kelas VII C, .Sabtu, (12/10)

Anggota TJR terlihat  sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.Pembina Jurnalistik MTs Negeri Muara Enim,Misliyani menjelaskan langkah langkah membuat berita antara lain berita yang dibuat harus berdasarkan fakta,Kalimatnya harus jelas dan tidak bertele-tele dan harus memiliki tanda baca sesuai dengan Ejaan yang disempurnakan.

Lanjutnya,Misly begitu nama panggilan akrab guru enerjik ini mengatakan "Setiap berita harus dikemas dengan menarik baik judul maupun isi berita. Judul tidak terlalu panjang. Minimal paling banyak 8 kata.  harus mengandung unsur 5 W 1 H, Berita  harus di sertai dengan dokumen atau foto yang sesuai. Berita harus cepat   dikirim sesuai dengan kejadian  terjadinya peristiwa . Berita  harus berisi tentang informasi yang dibutuhkan masyarakat dan tidak boleh membeberkan aib apalagi bersifat pembohongan publik atau mengada-ada", jelasnya.

Saat ditemui salah satu anggota TJR,Irfan Surya Albariq Mengatakan "Saya sangat senang mengikuti Kegiatan ini,dengan mengikuti kegiatan ini,saya dapat menambah wawasan saya tentang tata cara menbuat berita yang baik dan benar", ujar Irfan.

Ditempat yang sama Kepala Madrasah MTs Negeri Muara Enim,Siti Sumiati S.Pd,M.Pd.I mengatakan "Saya bangga terhadap para anggota TJR.Meskipun mereka baru saja pulang sekolah, mereka sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini.Saya harap tim jurnalistik selalu maju dan berkembang sehingga dapat membanggakan nama MTs Negeri Muara Enim"Ujar Siti (Misly/Iaika)

  Pembina Jurnalistik Ajarkan Cara Membuat Berita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar