JANGAN TAKUT UNTUK MENGAMBIL SATU LANGKAH BESAR BILA MEMANG ITU DIPERLUKAN. ANDA TAK AKAN BISA MELOMPATI JURANG DENGAN DUA LOMPATAN KECIL

Senin, 22 Januari 2018

PEMBINAAN NGAJI IRAMA / TILAWAH

Pembinaan Ngaji Irama Lahirkan Qori dan Qoriah yang Handal

Muara Enim, Inmas,
Madrasah Tsanawiyah Negeri I Muara Enim memberikan pembinaan secara rutin tilawah/mengaji irama.Pembinaan ngaji irama ini melahirkan Qori dan Qoriah yang handal.

Madrasa memberikan respon yang sangat positif dengan siswa yang memiliki kemampuan mengaji irama.sebanyak 69 siswa kelas VII,VIII,XI.Pembinaan ini yang mana di adakan di musholla al-ikhlas komplek MTs Negri Muara Enim. Rabu (17/1)

Pembinaan mengaji irama ini diadakan seminggu 2 kali hari senin dan Rabu bertempatan di mushola al-ikhlas yang di bina oleh umi Mislyani S.Ag, M.Pd.I .

saat tim jurnalis menemui umi Mislyani, S.Ag mengatakan,”syarat untuk mengikuti ngaji irama sangatlah mudah yang penting sudah lancar mengaji al-qur'an dan menguasai tajwid,makharijul huruf(tempat keluarnya huruf) serta tidak malu-malu/ragu dalam mengeluarkan suara.

Rumus yang diajarkan dari mulai lagu bayati,shoba,hijaz,nahawan,sika,jiharka.Adapun ayat-ayat yang diajarkan kepada siswa adalah ayat-ayat yang berhubungan dengan PHBI,Maulid,Muharam,puasa,isra mikhraj,pertemuan-pertemuan rutin seperti upacara ayat yang di ajarkan pada siswa Qs.al-imran102s.d105 atau Mujaddah ayat 11.isra mikraj Qs.al-isra kemudian di sambung dengan surah an-najmi ayat 1 s d 15.

Adapun metode belajar mengaji irama ini dengan metode klasikal  kemudian kelompok dan individual.Ayat yang diajarkan di sesuaikan dengan kebutuhan untuk tampil pada saat PHBI.Lamanya proses ajar mengajar ini 2 atau 3 bulan baru berganti ayat.Sampai siswa benar-benar mahir baru kemuadian pindah ayat

“Saya harap dengan mengaji irama ini/Tilawah yang rutin diikuti siswa MTs Negri Muara Enim ini akan lahirkan qori dan qoriah MTs Negri Muara Enim yang akan membawa nama harum MTs maupun kedepannya seperti siswa kami bernama M.Rizqi Rully  VIII  A. beberapa hari yang lalu berhasil meraih juara 2  MTQ tingkat pelajar se Kab.Muara Enim. Terima kasih pada Rully .Semoga prestasi MTQ ini akan bermunculan qori dan qoriah yang handal dan berprestasi”ujar umi.selaku tenaga pengajar di MTs ini.

Ditempat yang sama Saat di temui seorang siswa yaitu bernama Cahaya  mengatakan”sangat senang mengikuti Pembinaan mengaji irama ini meskipun saya sudah bisa melakukannya saya masih harus berlatih agar skill saya meningkat dan saya selalu menyisihkan waktu untuk berlatih”.ujar siti.panggilan akrab siswa kelas VIII A MTs ini.(Msly)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar